coba

Sabtu, 19 Maret 2011

merawat komputer






     Agar komputer yang kita gunakan tetap awet walaupun dalam jangka waktu yang lama tentu saja kita harus menjaga dan merawatnya secara berkala. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar komputer kesayangan kita tetap awet dan tidak lelet pada saat di operasikan. Apabila kita sedang sibuk menyelesaikan tugas kantor / tugas sekolah, terjadi hang (error) pada komputer yang kita gunakan akan membuat kita kesal dan bete. Sebelum hal itu terjadi, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengantisipasinya dengan melakukan beberapa tips dibawah ini agar komputer lebih awet.
1. Defrag Hardisk Secara Berkala
Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umurharddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan
fungsi defrag ini
2. Sediakan UPS
Turun naiknya tegangan listrik bahkan mati secara tiba-tiba akan memberikan dampak yang tidak baik kepada Personal Computer (PC)  yang berakibat rusaknya power supplay, hardisk dan juga motherboard. Oleh karena itu kita harus menyediakan UPS agar tegangan listrik menjadi stabil dan tidak akan mati secara tiba-tiba.
3. Bersihkan PC Dari Debu
Biasanya CPU tower di taruh di samping meja user, di letakan dilantai sehingga kemungkinan masuknya debu kedalam CPU besar sekali, Debu sebagai penghantar panas, sehingga apa bila komponen CPU , misalnya Prosesor, walau tersembunyi debu bisa masuk juga, memori/ RAM sering kali kena debu, dan kerja komputer jadi ngadat, hang atau bahkan komputer tidak bisa dinyalakan timbul suara beep…. maka check dan segera bersihkan lah kompenen tersebut , pasang kembali dan nyalakan.
4. Hindari Terkena air
Tidak tertutup kemungkinan perangkat komputer yang kita gunakan bisa terkena air minum yang tertumpah pada saat kita bekerja pada keyboard misalnya. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya konseleting pada lempengan didalam keyboard sehingga membuat keyboard tidak bisa digunakan dan terpaksa di ganti dengan keyboard yang baru.
5. Jauhkan Dari Medan Magnet
Medan magnet bisa mengganggu performa CPU dan juga monitor, jangan terlalu dekat meletakkan speaker pada monitor karena speaker memilikimedan magnet sehingga membuat warna pada monitor tidak rata.
6. PC di lengkapi Anti Virus
Demi keamanan data, pastikan komputer yang kita gunakan telah terpasang Anti Virus dan senantiasalah mengupdate Anti Virus tersebut secara berkala.
7. Uninstall atau Buang Program Yang Tidak Berguna
Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.
Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar komputer kita tetap awet dan masih banyak lagi tips-tips yang bisa kita lakukan untuk merawat komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar